Waspadai 5 Bahan Berbahaya dalam Kosmetik Berikut Ini!

21 May 2017

Kosmetik kini telah menjadi kebutuhan yang mendasar bagi sebagian besar wanita. Tidak heran banyak wanita rela merogoh kocek hingga jutaan rupiah hanya untuk satu produk kosmetik saja.

Akan tetapi, sebagai wanita cerdas sebaiknya Gizi Lovers jangan asal memilih kosmetik ya. Meski harga mahal dan banyak yang sudah memakainya, tidak jarang banyak kasus di mana kosmetik mengandung bahan berbahaya bagi kesehatan kulit lho Gizi Lovers.

Nah, agar terhindar dari bahaya tersebut, sebaiknya Gizi Lovers baca 5 bahan berbahaya yang ada dalam kosmetik berikut ini. 

Silikon (Silica)
Silikon merupakan bahan kimia yang biasa digunakan di dalam kosmetik. Fungsi dari silikon dalam kosmetik adalah untuk melembutkan, menghaluskan dan melembapkan kulit. Lalu mengapa silikon dikatakan sebagai bahan yang berbahaya? Hal ini ternyata karena sifatnya yang waterproof alias tidak larut dalam air sehingga sekali bahan ini menempel pada kulit maka akan sulit untuk dihilangkan atau dibersihkan.

Apabila terjadi penggunaan yang terus-menerus dalam jangka waktu yang panjang maka zat kimia ini akan terus menempel pada kulit dan dapat menyebabkan berbagai masalah seperti infeksi dan penyakit seperti kanker.

Paraben
Paraben adalah bahan pengawet kimia yang digunakan dalam produk kosmetik. Kosmetik memerlukan bahan pengawet untuk melindungi produknya dari pertumbuhan mikroba. Produk kosmetik yang banyak menggunakan paraben adalah pelembab, perawatan rambut dan makeup. Penggunaan paraben dalam sebuah produk dikatakan aman apabila tidak lebih dari 25% atau dalam produk kosmetik berkisar antara 0.01% - 0.3%. Jika pemakaiannya melebihi batas maka akan berdampak buruk bagi kesehatan manusia sepert alergi, kanker, dan masalah reproduksi.

Mineral Oil
Mineral oil merupakan minyak bumi mentah yang telah dimurnikan. Bahan ini sering dikombinasikan dalam pembuatan kosmetik karena mineral oil dapat digunakan sebagai bahan pelembab kulit dengan cara menahan air yang terkandung di dalam kulit dan menjadikan kulit kita lebih lembut. Kemudian mengapa mineral oil berbahaya? Hal ini karena tubuh kita bekerja dengan cara mengeluarkan racun dalam tubuh melalui keringat. Namun dengan mineral oil, kulit kita tidak bisa bernafas sehingga membuat regenerasi kulit menjadi terhambat. Mineral oil yang masuk ke dalam pori-pori juga dapat menyebabkan komedo dan jerawat.

Rodhamin B
Rhodamin B sebenarnya adalah zat pewarna yang biasa terkandung di dalam produk kecantikan. Tetapi Rodhamin B sebaiknya tidak digunakan di dalam produk kecantikan karena Rodhamin B merupakan zat pewarna yang digunakan di industri tekstil dan dapat menyebabkan iritasi pada kulit, kanker, dan saluran pernapasan. Karena alasan tersebut lah, bahan ini sangat berbahaya apabila diaplikasikan ke kulit atau tubuh.

Triethanolamine (TEA)
Threthanolamine (TEA) adalah bahan kimia yang digunakan dalam kosmetik yang berfungsi untuk mengatur PH pada kulit. Namun apabila pemakaiannya berlebihan Threthanolamine (TEA) dapat menyebabkan reaksi alergi, kekeringan pada kulit dan sangat beracun apabila masuk ke dalam tubuh.

Bagaimana? Sekarang Gizi Lovers jadi lebih paham cara memilih kosmetik yang tepat dengan mengecek keberadaan bahan-bahan di atas dalam kosmetik yang dijual di pasaran. Be smart!

 

Gizi Super Cream terbuat dari bahan-bahan alami nusantara, yaitu rumput laut, beras, bligo, kedelai, lidah buaya, jeruk nipis dan pepaya, mempersembahkan manfaat terbaik dari alam Indonesia. Gizi Super Cream tidak mengandung bahan-bahan kimia berbahaya seperti Silicone, Paraben, Hydroquinon, Mineral Oil, Colorant.

#GiziSuperCream #KreasiKecantikanAlami